Sampai saat ini rumah dengan gaya desain minimalis masih menjadi idaman sebagian besar masyarakat terutama yang tinggal di kawasan perkotaan dan suburban. Pada umumnya rumah ini dilengkapi penyekat ruangan yang sifatnya tidak permanen. Tujuannya adalah ketika ada penghuni rumah yang membutuhkan ruang lebih besar, penyekat tersebut bisa dipindahkan ke tempat lain.

Penyekat ruangan non permanen

Penyekat untuk membagi satu ruang menjadi dua ruang atau lebih ini sering pula dinamakan sebagai partisi lipat. Bentuknya ada bermacam-macam termasuk bahan pembuatan, desain maupun pilihan warnanya. Karena itulah partisi non permanen ini lebih disukai dibanding dinding dari batu bata yang desainnya sangat biasa dan bersifat permanen. Apabila dinding dalam rumah bersifat permanen, tidak mungkin bisa dipindah-pindah seperti penyekat ruangan non permanen atau movable. Selain itu jika menggunakan dinding biasa, ongkos pembuatannya jauh lebih mahal.

penyekat ruangan lipat
penyekat ruangan type sorepa

Selain itu ruangan yang sudah terlanjur dibagi-bagi menjadi kecil tidak mungkin bisa diperluas lagi. Sangat jauh berbeda dengan partisi non permanen yang biasanya dibuat dari bahan kayu, kaca dan alumunium atau logam besi. Partisi pemisah ruang ini sifatnya sangat fleksibel sekali dan lebih ekonomis harganya. Desainnya sangat mudah disesuaikan dengan kondisi dan konsep tata ruang.

Meski terlihat sederhana, namun penyekat ruangan non permanen dapat dikreasikan dalam berbagai macam bentuk desain melalui finishingnya. Misalnya diberi lapisan dari bahan kain khusus dengan motif-motif unik atau warna-warna yang indah.

Partisi ruangan kaca

Bahkan khusus untuk partisi dari bahan kaca, bisa dibuat dengan tampilan yang sangat indah dan mewah. Sehingga ruangan akan terlihat lebih elegan dan membuat siapa saja yang berada dalam ruangan tersebut akan merasa nyaman dan betah.

Selain itu jika menggunakan partisi dari kaca, ruangan yang sudah disekat atau dipisah tetap terasa longgar dan luas. Karena sejak zaman dulu hingga sekarang kaca memang sering jadi pilihan utama guna menciptakan kesan lebih besar pada ruang yang sempit. Warna beningnya merupakan unsur terpenting untuk menghadirkan suasana yang lapang.

Partisi untuk rumah minimalis

Entah itu partisi dari bahan kaca, kayu atau alumunium dan sebagainya, semua cocok dipakai dan dipasang dalam rumah dan ruang bergaya minimalis. Bahkan pada masa sekarang makin banyak yang memakainya sebagai penyekat ruangan dan hiasan interior.

Jadi tidak usah lagi membuat dinding dari batu bata yang proses pembuatannya membutuhkan waktu lebih lama. Partisi non permanen hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat untuk membuat hingga pemasangannya. Selain itu apabila membutuhkan ruang besar, dapat dibuka lagi dengan cara dibuka pintu dan lipatannya. Atau bisa pula dilepas lalu dipasang lagi jika ingin membagi dan mengecilkan kembali.

Penyekat ruangan samowa dan sorepa

Untuk rumah hunian bergaya minimalis, sebenarnya cukup menggunakan partisi model biasa dari jenis samowa. Tapi apabila penghuni ingin mendapatkan suasana yang lebih tenang dan damai, bisa memilih partisi jenis sorepa. Partisi atau sekat ruang ini dilengkapi dengan sistem peredam suara yang lebih canggih. Pada umumnya partisi sorepa dipakai di rumah hunian yang kondisi lingkungannya dianggap sangat bising dan ramai. Karena penghuninya selalu butuh ketenangan maka partisi sorepa ini sering dipilih untuk menghadirkan suasana yang lebih damai dan tentram.

Bukan itu saja, jika memakai partisi sorepa penghuni juga lebih bebas ketika ingin melakukan suatu kegiatan. Dijamin kegiatan tersebut tidak akan mengganggu penghuni lain. Sebab suara yang ditimbulkan juga tidak akan terdengar dari luar ruang setelah pintunya ditutup. Kedua jenis penyekat ruangan ini bisa didapat di berbagai kota di seluruh Indonesia, karena sudah dapat dibeli dan dipesan secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *