Jenis Pintu lipat

Saat ini makin banyak gedung bangunan yang dibangun dalam desain minimalis karena lebih dapat mengoptimalkan fungsi ruang. Agar penggunaan ruang tersebut bisa makin maksimal, biasanya digunakan pintu lipat model sliding. Pintu ini tidak hanya berfungsi sebagai penutup atau pembuka ruang saja, tapi juga sekaligus dijadikan pemisah atau pintu penyekat ruangan.

Jadi ketika suatu saat hanya memerlukan ruang yang ukuran luasnya tidak terlalu luas, maka pintu tersebut akan dijadikan penyekat. Tapi apabila ruang yang dibutuhkan lebih besar, pintu ini bisa digeser atau dibuka. Sehingga ruangan yang sebelumnya terpisah dan terdiri dari dua ruangan dapat diperbesar dan akan menjelma menjadi satu ruangan. Jenis pintu dengan konsep seperti ini punya beberapa jenis dan bentuk. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

pintu lipat minimalis

1. Penyekat ruangan sorepa

Pintu lipat model sorepa sangat cocok ditempatkan para ruangan kelas di sekolah, auditorium, ruang pertemuan atau meeting dan lainnya. Partisi atau pintu lipat penyekat ruangan ini lebih cocok lagi diaplikasikan pada ruang yang sering dipakai untuk mengadakan acara-acara yang bersifat privasi.

Model atau desainnya hampir sama dengan pintu lipat dari bahan kedap suara dan memiliki gaya penampilan yang sangat unik dan beraroma klasik. Warna-warna pintu lipat ini terdiri dari beragam macam pilihan dan biasanya mampu menghadirkan kesan yang elegan. Partisi seropa biasanya dibuat dari bahan multiplek setebal 12 mm. Hollow frame-nya sebesar 5 x 5 dan rockwoll 60 db. Selain itu dilengkapi dengan profil dari alumunium anodize, yang membuat penampilannya terlihat makin mewah. Kemudian untuk rubber-nya dilapisi dengan wallpaper, kain ateja atau hpl. Sedangkan sistem gesernya memakai per jenis section.

2. Penyekat ruangan teakhaarmonic

Penyekat ruangan atau pintu lipat yang menggunakan gaya desain teakharmonic sangat cocok dipakai untuk memisah dan menyekat ruang dalam bangunan rumah. Contohnya antara ruang tamu dan ruang keluarga. Pintu lipat penyekat ruangan model ini dibuat dari kayu jati dan dipadukan dengan bahan lain dari kaca yang ukuran ketebalannya 6 mm.

Selain bisa dilipat dengan mudah saat ruangannya dibutuhkan, pintu jenis ini juga mempunyai tampilan yang sangat cantik dan unik. Jadi sangat bagus dijadikan sebagai hiasan dalam ruang atau interior.

3. Penyekat ruangan Icy harmonic

Sekat ruang sliding model Icy juga mempunyai gaya desain yang sangat elegan, namun lebih pantas digunakan dalam rumah atau ruang berkonsep minimalis. Jenis material yang dipakai untuk membuatnya adalah kayu kamper atau kayu miranti yang dikombinasi dengan kaca es. Sedangkan finishingnya memakai cat duco yang menjadikan tampilannya terlihat makin unik dan menarik.

Pada umumnya pintu lipat penyekat ruangan model icy harmonic ini digunakan untuk memisahkan dapur dengan ruang makan, kamar mandi dengan kamar tidur dan lainnya.

4. Penyekat ruangan samowa

Jenis pintu lipat sliding berikutnya, model samowa merupakan pintu lipat penyekat ruangan yang didesain secara khusus untuk ruang yang ukurannya besar seperti aula, ruang sekolahan, ruang seminar, auditorium dan sebagainya.

Bentuknya memang tidak terlalu istimewa, karena memang hanya berfungsi sebagai sekat ruang bukan untuk hiasan interior. Rangka yang digunakan merupakan rangka hollow serta dibuat dari multiplek atau mdf. Lalu untuk sistem lipatnya memakai engsel. Sedangkan finishingnya biasanya diberi polesan atau lapisan dari oscar kulit, hpl, ateja atau kain cosglow.

Karena modelnya yang sangat sederhana, maka pintu lipat ini lebih cocok digunakan dengan tujuan untuk mengoptimalkan fungsi suatu ruangan saja. Semoga penjelasan ini tentang pintu lipat penyekat ruangan model sliding ini bisa digunakan sebagai rekomendasi untuk menentukan pilihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *