Fungsi Partisi Lipat

Sesuai dengan penamaannya, partisi lipat adalah pintu pada ruang yang bisa dilipat sekaligus digeser ke kiri dan ke kanan. Dipandang dari bentuk dan sistem kerjanya, penggunaan pintu ini jauh lebih menguntungkan sebab tidak butuh tempat yang luas. Apalagi untuk partisi lipat minimalis yang bentuknya simpel namun sangat elegan.

Ruang yang sebelumnya berukuran besar dapat dibagi dan dipisah menjadi 2 ruang tapi tidak bersifat permanen seperti dinding. Jadi ketika suatu saat nanti membutuhkan ruang berukuran besar, partisi lipat ruangan tersebut dapat dibuka, dilepas atau digeser dengan mudah.

Beberapa puluh tahun lalu, penggunaan sekat ruang ini lebih sering diaplikasikan pada ruang yang ada di hotel atau gedung pertemuan dan perkantoran saja. Namun saat ini sudah banyak sekali perumahan yang memakainya karena dianggap lebih hemat dan praktis. Jika digunakan di hotel atau gedung pertemuan dan perkantoran, partisi lipat sering dipakai untuk memisah sebuah ruang besar lalu dijadikan 2 ruang yang ukurannya lebih kecil.

partisi lipat minimalis
Penggunaan partisi lipat di ruang meeting

Namun apabila dipasang di perumahan, biasanya dimanfaatkan sebagai penyekat antara ruang depan dan ruang tengah atau belakang. Selain difungsikan sebagai pemisah ruang, partisi lipat juga sering dijadikan media atau alat untuk menjadikan ruang terlihat lebih menarik. Khusus untuk pintu lipat ruangan dari bahan kaca dan partisi minimalis, juga bisa menghadirkan kesan lebih luas pada ruang tersebut. Meski sudah dipisah menjadi 2 dengan ukuran yang kecil, ruang tetap terasa longgar.

Penggunaan Partisi Lipat

Dibanding pintu biasa yang dipasang pada dinding, penggunaan sekat ruang mampu memberi keuntungan yang sangat besar. Misalnya dari segi biaya, harga pintu lipat jauh lebih murah. kemudian apabila dilihat dari sisi kepraktisan, pintu ini juga sangat mudah dioperasikan dan digunakan. Tinggal digeser atau dilepas saat ruang mau dipakai untuk menggelar acara. Berdasarkan kelebihan-kelebihan tersebut, jumlah pemakai penyekat ruang makin banyak bahkan terus bertambah tiap hari. Apalagi untuk partisi lipat minimalis yang saat ini memang sedang menjadi trend. PintuĀ  partisiĀ  tidak hanya cocok dipasang dalam ruang utama saja. Kamar tidur dan kamar mandi atau ruang makan dan dapur juga akan terlihat cantik jika diberi penyekat ruang berbentuk pintu lipat. Karena gaya maupun desainnya terdiri dari aneka jenis pilihan. Semua bisa diselaraskan dengan konsep penataan ruang.

Material dan Bahan Pembuatan Partisi Lipat

Dilihat dari bahan pembuatannya, partisi model lipat ruangan bisa dibagi menjadi beberapa macam. Salah satunya yang paling populer adalah partisi bahan kayu. Gaya desainnya sangat beragam dan sangat bagus dipakai di perumahan atau gedung pertemuan dan hotel. Sedangkan partisi lipat minimalis dari kaca, selain bisa dipakai di perumahan juga cocok jika dipasang dalam ruangan kantor, masjid, rumah makan dan sebagainya.

Desainnya juga sangat lengkap dan selalu memiliki tampilan yang sangat mewah. Kemudian ada lagi pintu lipat ruangan dari alumunium yang lebih cocok dipakai di gedung perkantoran dan hotel. Apabila dipasang dalam perumahan, sebaiknya diletakan pada ruangan dalam karena biasanya memiliki tampilan yang lebih sederhana. Selain itu masih ada lagi penyekat ruang dari logam besi dan baja yang biasanya digunakan untuk menyekat ruang garasi. Namun apabila dikombinasikan dengan kaca, tetap dapat dipasang di ruang keluarga atau ruang utama karena bentuk desainnya yang tidak terlalu kaku.

Dari beberapa macam bahan tersebut, yang paling mahal harganya yaitu partisi lipat ruangan dari kayu dan logam. Meski demikian tetap saja partisi lipat ini selalu menjadi pilihan utama karena kepraktisan dan kemudahan dalam penggunaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *